Sunday 2 August 2015

02.18 (God's Message)

Hai! 
Ga berasa udah 4 tahun ga nulis blog, dan tiba-tiba kangen nge blog.
 So, gue memutuskan untuk buat blog baru hehehe
Jadi hari ini gue akan menulis tentang isi Khotbah hari ini (Ps. Joshua Husada, Nafiri Discipleship Church Central Park) 

 Judulnya : "Membatasi Pikiran"  
"Pikiran itu awal dari suatu tindakan. Biasa apa yang kita pikirkan akan kita Lakukan."  
Tema Bulan ini : Freedom
Ada beberapa hal yang membatasi pikiran kita dan membuat kita sulit untuk menatap masa depan :  
1. Hal duniawi (Cinta uang, seks, narkoba,dll):
 Kita Cenderung memikirkan uang saja setiap hari. Melakukan segala hal demi uang. Walau kita tahu hal tersebut dosa dan ga baik. Atau kita melakukan segala sesuatu demi mendapat nilai yag baik di sekolah. Nyontek pun dilakukan, walau kita tau itu dosa. Nah, itu big no banget. Fokus kita cuma meraih reward di dunia, di surga gimana?

 2. Ke khawatiran
 Banyak orang khawatir saat ini, baik dari kalangan muda sampai kalangan tua. Apa sih yang membuat mereka khawatir? Ya, hal2 duniawi. Mereka denger kabar burung, langsung khawatir. Denger gosip yang belum tentu benar, langsung khawatir. Big mistake banget sih, Seperti yang tertulis di firman Tuhan, letakanlah segala kekhawatran mu kepada Tuhan. Karna Tuhan selalu memperhatikan kdan turut campur tangan dalam kehidupan kita toh. Jangan khawatir makanyaa.  

3. Kehilangan seseorang atau sesuatu
Setiap orang pasti takut kehilangan, sebenarnya ini akar dari kekhawatiran.

 4. Trauma masa lalu
 Misalnya kita pergi ke tempat yang dulu kita dan mantan pacar kita pergi. Kita jadi sedih, teringat masa lalu, dan ga berani nge face masa sekarang. Hey! Move on yuk. Hidup itu jangan stuck ditempat. Mungkin Move on itu ga gampang tapi bukan berarti ga mungkin kan? :).

 5. Personalisasi diri sendiri
 Nah ini yang biasa dibilang insecure. Disaat kita ga pede dengan diri kita sendiri. Merasa kita lebih jelek dari orag lain, kurang pintar, ga berguna, dll. Hey! ga banget deh kayak gitu. Semua d ciptain Tuhan dengan rencana yang super Oke loh. Makanya penting baget untuk kita bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan, bukannya malah protes sama Tuhan.

 Nah, bagaimana cara untuk membuat pikiran kita tidak terbatasi lagi?  

1. Dalami Firman Tuhan Setiap hari
 Baca kitab suci, 5 pasal sehari + renungan. Rutin ya jangan bolong. Doa juga, bawa hadirat Tuhan senantiasa dekat dihatiMu.

 2. Filter pikiran kita
  Di hari-hari yang jahat ini. BANYAK BANGET hal yang membuat kita terjerums dalam dosa. LEwat penglihatan, pendengran, ppikiran. Maka itu kita harus pinter2 memfilter segala yang terjadi. Misalnya kita denger gosip. Malah kita tambah2in. Bukannya me clear ka masalah, malah menambah masalah.  

3. Buang hal buruk dan memasukan hal2 positif.
Mulai sekarang banyak baca buku rohani, buku sejarah. Kalau baca buku yang ga mendidik. Buku porno,itu sama saja memasukan hal2 negatif di diri kita.  

Quote :
" Ga ada hal buruk dan hal baik, itu semua tergantung cara pandang dara pikir kita terhadap hal tersebut"
 " Orang suci dimanapun ia berada akan memandang segala sesuatu baik. Namun kebalikannya, orang berfikiran negatif ditempat sebaik apapun ia berada akan tetap berfikiran negatif."  
Conclusion :
Tuhan ngajarin kita untuk terbebas dari pikiran-pikiran yang ga berguna, pikiran-pikiran yang malah menuntun kita kpada dosa dan kebinasaan. Caranya? Stick with God. Menempel sama Tuhan lebih dekat setiap hari, seperti pokok anggur dan rantingnya. Disaat kita terbebas dari pikiran-pikiran tersebut, kita dapat mengisinya dengan hal yang lebih bergna. Yaitu pemikira untuk memuliakan nama Tuhan dan hidup sesuai jalan yang Tuhan sediakan bagi kita.

God Bless You :)

No comments:

Post a Comment