Friday 20 January 2017

23.23 (Bye problem)

HELO! astaga udah lama banget ga nulis, dan tau2 sudah berganti tahun ya  2017 wkwk
Jd seperti kebanyakan orang, pasti memberi kesan 2016. Kesan gua di tahun 2016 ya, gua agak naik turun drastis sih di 2016, baik secara friends, relationship, gt2 lah. Tp puji Tuhan 2016 menjadi tahun dimana gua berani melangkahkan kaki dalam bisnis and aktif ngajar kiri kanan. Walau pendapatan belom gede2 banget, setidaknya bisa meringankan ortu.

Jadi sekarang gua baru balik dari latian orkes and agak cape.  Jadi bahas topik yang ringan2 aja ya.
Salah satunya MASALAH. Menurut gue pribadi, masalah yang bisa dibilang masalah adalah disaat itu menyangkut lu dan orang lain. Kalo lo dan diri lo, ya itu lebih ke Error sih.
Nah gua bukan orang yang ga pernah bermasalah sama orang lain , pasti smua orang pernah sih.

Gua hanya menerapkan beberapa tips yang mayan bisa mengurangi masalah lo dengan orang lain:

1. Sadari kekurangan
Lo harus tau kekurangan lu tuh apa. Khususnya yang menyangkut hubungan lo dengan oranglain ya. Coba memandang kebelakang, liat masalah yang pernah terjadi dalam hidup lu. Percaya atau ga, biasa masalahnya itu sejenis loh, dalam tahap ini lo blajar lah kenapa bisa terjadi ya masalah ini itu, letakkan dirilu sebagai pihak yang salah- jangan terlalu menilai tinggi diri lu kalo mau intropeksi (khususnya masalah yang menyangkut hubungan lu dan oranglain ya). Karena Orang yang paling mengenal dirilu ya lu sendiri, bukan pacar, sahabat, ato ortu. Coba direnungin, kalo ga dari masalah mungkin ada orang yang bilang kalo lu tuh orangnya begini ya, bgitu ya. Bisa jadi masukan. (Contoh : Kekurangan suka gosip, suka mencela, mood swing, cepet emosi- ada hubungannya dengan orang lain )( Contoh salah = Jarang mandi- urusan lu dgn diri lu)

2. Kontrol diri
Nah setelah sadar kekurangan lo, tahap kedua adalah kontrol diri. Disaat lo lagi sama temen-temen. Jangan lupa kontrol diri, kadang kalo ke asikan tuh bablas semua. Contoh paling gampang adalah
     A. Bocor mulut. Khususnya untuk orang yang super sociable, kadang bisa bongkar rahasia orang, bisa ngomongin kekurangan orang, dlldll. Ga ibu2, anak muda, ini penyakit kronis sih. Trus disampein, trus ribut makin ribet, hilang kepercayaan, ga temenan lagi, selese.  Laen hal lagi kalo bocor mulutnya suka ngomong kasar, kadang ini susah karna uda kebiasaan. Tapi harus kontrol diri banget loh nakk.
     B.Bocor emosi, nah ini nih. Ada orang yang super sensitif , nangkep omongan kita jadi negatif . Kita becanda , dianya tersinggung. Atau kita ga maksud ngomong seperti itu, cuma dia nangkepnya jalur berbeda, dan berujung ngambek baper dendam ato ngomel. Nah yang kayak gini, biasa mulutnya pedes kayak cabe 10 biji. Jadi sabar aja intinya, dan lebih menerima orang2 unik ini.
                 Selain orang sensitif, bocor perasaan bisa juga mudah baper, khususnya untuk hubungan berbeda jenis ya . Laki-laki  ke perempuan atau sebaliknya. Baper enak kok, kalo beneran 2 pihak baper. Kalo bapernya salah satu udah deh celaka hidupmu nak. Nah makanya, se normal2nya aja ya. Ga ada salahnya mencoba, jadi temen dulu baru kalo liat ga cocok ya ga lanjut untuk ke tahap berikutnya. Tapi itu butuh ngomong dan baik2. Jangan kayak  coba baju di toko , ga suka maen tinggal aja. Mau dihargain orang kan? Belajar menghargai orang lain juga. Karna hal baper2 itu bisa jadi ngerusak persahabatan loh kalo ga diluruskan baik2.

3. Jangan bikin masalah
Nah ini step ke 3 nih. Lo udah sadar kekurangan dan kontrol diri . Eh ujung2nya malah bikin masalah sendiri, kan lucu. Lagi ga ada angin ga ada ujan. Lo memulai gosip ato iri-iri sama orang, atau buat yang punya pacar : tiba-tiba selingkuh. Nahloh . Celaka nak.
Dalam hidup ini jangan terlalu banyak pengen perhatian. Semua orang ada porsi nya. Kayak film di bioskop kan ga mungkin film action terus? atau horor terus?
Kadang kita tanpa sadar, bikin masalah karna pengen jadi objek perhatian. Guys, ada saatnya kita diam dan mendengarkan , ada saatnya kita bersuara dan memberika pendapat.
Jujur aja bukan sok bae, tapi gua agak males temenan sama orang tapi gosip mulu isinya. Berasa nonton insert - Info seputar selebriti-. :'). Ato jalan sama orang tapi cerita tentang diaaaa mulu, and ga pernah mau dengerin kita cerita gt.. like, jadi psikiater.
      Nah untuk yang udah punya pacar, jangan bikin masalah sama pacar . Seperti selingkuh nah udah mati aja deh itu. Jujur ya, setiap orang pas udah punya pacar BISA AJA suka sama orang lain (dan buka pacarnya). Tapi itu balik lagi, kita mau mempertanggungjawabkan rasa suka (jadi selingkuh), ato let it go (inget pacar).
Ato kangen mantan, normal si. Kalian pernah seneng bareng walau berakhir pahit. Tapi ya, take notes lah, yang udah yauda. Lo dah ada pacar lagi. Perlakuin lah dia dgn baik. Jangan selingkuh, eh ke mantan lagi. Itu sih super bodoh ya.
And dalam pacaran itu ga menutup kemungkinan bakal bosen. Nah cobalah bertahan dan terus membuat perkembangan jadi inovatif dan kreatif gaya pacarannya. Menurut gue pacaran itu, ada tahapnya. :
    1. Seneng deg2an ga jelas. Butterflies in the stomach
Ini pertama2 seneng mampus. Gua pernah nih, ampe tangan gue dingin banget sebelom ketemu cowo ini. Pake parfum, pilih baju sejem.And super salting apalagi kalo eye contact, die . Khususnya gua kalo makan sama cowo yang gua suka, paling males sebrangan, karna gua jadi grogi makannya :")))))). Tapi seneng sih. itu masa2 bukain hp nungguin dia bales chat. Langsung bales sedetik gitu kalo dia bales. Bisa senyum2 sendiri. Apalagi gua anak satu2nya, biasa gua pasti cerita ke bonyok (bisa gua ulang 3x, dan bonyok langsung peka, lg fall in love ni). Terus pas jalan bareng, dimobil ngeliat dia nyetir, ngerasain playlist lagunya, cara dia bring something up buat ngobrol. Gua suka banget cowo bisa bring topics gt. Dan ngumpulin pemberian dia dalem kotak gitu, tiket nonton dll (gua suka ngumpulin kenangan eak). Gila gua kangen banget masa2 bgitu wkwkwk
     2. Mulai B aja
Nah ini saatnya, lu Biasa aja. Ya nanya paling uda makan apa belom? Lagi dimana? tapi ya udah biasa aja. Nah ini agak kronis kalo lu tipe orang bosenan. Lo ga searching for happiness under your own roof. tapi lo nyari ketetangga (alias selingkuhan). Kelaut aja.
Pacaran itu komitmen, walau lu blom nikah ya. Tujuan pacaran apa? nikah . Yauda udah jalanin, bikin inovasi laaah. Kayak bisnis, lo jual nasi goreng. Kalo lu selamat 10 tahun jualmnya nasi goreng sama telor ceplok doang lama2 bangkrut. Makaya ada inovasi nasi goreng gila, nasi goreng sosis dll dll. Bgitu juga pacaran
     3. Settle
Ini tahap paling nikmat tapi tetap berjaga2. Saatlo uda settle dan saling mngerti kenal keluarga masing2. Wah mantap sih ini. Kayak lo udah gausah malu2 lo siapa ke pacar lo, bisa tidur mangap dimobil wkwk. Bisa cerita apapun. Dia bisa jadi pacar, saudara, guru, temen, dll dll. Ini dream banget si. Kalo gua sendiri mau banget bisa settle sama orang. Bisa beanda bareng, bisa iseng bareng, bisa ngambek2 bareng, bisa romantis juga tapi. Hadeh. Ini tahap yg sulit tp bukan berarti gamungkin gaes.

udah gitu aja wakkakaka, jadi banyak banget poin terakhir lol

  


No comments:

Post a Comment